Senin, 04 Januari 2016

Persiapan menyambut tamu yang menginap dadakan

Cuaca yang tidak terduga, transportasi umum yang tidak selalu ada, atau kekhawatiran tentang keamanan seringkali membuat kita terpaksa menginap dadakan. Jika posisi kita sebagai seseorang yang bertamu, yaa mestinya kita sudah persiapan. Paling tidak bawa sikat gigi dan daleman. Terutama buat yang wanita. Beberapa waktu lalu saya kejadian musti menginap dadakan. Tidak bawa baju ganti, daleman, sikat gigi.. Yaa.. memang rencana tidak menginap siih.. berangkat pagi pulang sore gitu. Tepatnya di rumah kakak saya yang baru saja punya dedek bayi. Tidak terduga, si dedek bayi muntah di pakaian saya, kontan saja saya mesti tinggal dan mencuci pakaian saya. Meski sore hari pakaian saya sudah kering, kakak saya melarang saya pulang. Menginap saja di rumahnya. Inilah istimewanya kakak ipar saya (kakak saya mungkin tidak mikir hehe.. maklum laki-laki). Kakak ipar saya menanyakan segala hal, seperti bawa daleman, bawa sikat gigi atau tidak. Kemudian Mbak Winda, nama kakak ipar saya, menunjukkan tempat-tempat ia menaruh barang-barang tersebut. Masih baru tentunya. Waktu sudah malam, saatnya saya bersiap untuk tidur. Setelah membersihkan diri di kamar mandi, saya menuju kamar yang sudah ditunjuk kakak saya. Di sana sudah disiapkan kasur dengan seprai yang baru. Kipas angin karena cuaca sedang panas-panasnya. Dan sebuah baju yang nyaman untuk tidur. Hmm.. sya masih single. Belum punya rumah sendiri. Saya belajar banyak hal dari sini.
Tamu, meskipun dia saudara kita yang paling dekat sekalipun, ia tetap adalah tamu. Maka harus kita jamu sebaik-baiknya. Salah satu tanda orang beriman juga menghormati tamu. Karena itu, mulai sekarang, karena saya masih ngekost, saya ingin menjamu tamu dengan sebaik-baiknya.
Hal-hal yang berlu dipersiapkan adalah.
1.       Kamar yang selalu rapi. (tidak hanya buat tamu, tapi juga buat pribadi)
2.       Kasur yang bersih dan rapi dan seprai yang diganti secara berkala.
3.       Beberapa sikat gigi baru.
4.       Beberapa celana dalam baru.
5.       Baju tidur yang nyaman dan bersih siap pakai. Bisa kaos, daster, celana babydoll..
6.       Air minum yang selalu tersedia.
7.       Makanan-bisa dibeli atau dimasak ketika dibutuhkan.
Kalau nanti sudah berkeluarga, punya rumah sendiri, ada yang perlu ditambahkan.
1.       Kamar tamu. Kalau ada ruangan alhamdulillah.. kalau tidak ada, bisa kita persiapkan ruangan yang bisa disekat sebagai tempat tidur. Terutama jika yang menginap tamu wanita yang mesti tidur dalam ruangan tertutup.
2.       Kalau tamu wanita persiapannya kurang lebih sama seperti yang sudah saya tulis ketika saya masih di kost.
3.       Kalau tamu pria perlu disiapkan juga daleman pria (biar bapaknya yang beli) dan sarung atau training mungkin cukup untuk baju tidur.
4.       Bahan makanan.

Yak kurang lebih demikian. Nanti kalau ada masukan lagi mungkin bisa saya tambahkan. Oiya, jangan lupa, selalu pasang waah senyum yang ramah. Semoga kita dapat menjamu tamu dengan sebaik-baiknya.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar